Cari Blog Ini

Minggu, 29 Januari 2012

Bollywood - Korea - Hollywood - Bollywood lagi

Tiap buka blog saya selalu bingung akan postingan apa yg kali ini bakal saya post di blog saya ini. Tentunya pengen postingan yang menarik, bermanfaat, dan juga menggugah selera untuk di baca. Setelah berjam - jam merenung dan bersemedi, saya putuskan untung nge-post sesuatu yang seharusnya sudah saya post sedari saya dilahirkan ke dunia ini (lebaaaay).

Okedeh, ayo kita mulai saja. Ekkhm. Begitu ngeliat judul di atas sebagian dari readers semua  pasti ada yang langsung memalingkan muka, atau bahkan mencibir serta meludahi postingan saya ini (suudzan hehe). Yah, sok aja ga apa apa. lakukan saja apa yang ingin kalian lakukan ALFONSOOO!!! *jelegeeerr*.  Tapi fliiiss, biarkan saya menuangkan perasaan saya yang ga begitu penting si sebenernya tapi yaaa lumayan lah buat nemenin waktu minum kopi dan untuk menuhin entri di blog.

Ceritanya kita mulai dari latar belakang, kenapa Mamal ngepost ni postingan. Jadi gini. Film india. JENGJREEEENG. Tau kan semua nya, kalo film2 India sedari dulu sudah setia menghiasi layar kaca Indonesia, dari usia kita SD, bahkan jauuuh sebelumnya pun Film2 India sudah tak asing lagi di mata masyarakat Indonesia. Jadi boong deh kalo ada yang bilang belom pernah nonton film India. Walopun ga suka tapi pasti pernah. NAH, saya juga ga bisa mungkirin, masa kecil saya ditemani oleh Shahruk Khan dkk. Yah. Keluarga saya adalah fans boliwut yang cukup fanatik. Bayangkan saja, ibu saya, begitu bangun pagi untuk memulai ritunitasnya, yang pertama beiau lakukan adalah nyalain DVD player dan nyetel lagu-lagu India kalo engga lagu2 Rhoma Irama yang nada dan riaknya ga jauh dari lagu-lagu hindi. Gimana saya mau terhindar dari yang namanya boliwut coba kalau sejak kecil aja sarapannya lagu India? Apalagi saya adalah anak bungsu yang tak pernah jauh dari orangtua, ngekost pun ga pernah (loh apa hubungannya ya?).


Dilihat background diatas  maka, dari sebelia itulah saya akrab dengan film India. Bahkan saking akrabnya, saya kalau main dengan teman sebaya (sewaktu SD) mainannya drama-dramaan dan ceritanya adalah film Kuch Kuch Hota Hai, dan saya selalu menjadi Tina Malhotranya (dalam film diperankan Rani Mukerji sebagai bintang kampus) hehehe cocok kan diperanin Mamal??? *ting ting*. Bahkan saya sempat mempunyai cita-cita menjadi salah satu aktris bollywood ternama seperti Kareena Kapoor, Kajol, Aiswarya Rai dll (hehe nyeleneh banget ya?). Banyak lagu-lagu India yang saya hafal. OST Kuch Kuch Hota Hai, Mann, Dil Hai Tum Hara dan lagu2 dari film lain yang sering diputar pada masa itu. Kalo orang lain menganggap tarian dan nyanyian di film India itu menggangu, dan norak, justru bagi saya itu adalah the most interesting partnya. Nyanyi dibawah poon, ujan-ujana, nari diiringin sama orang2 ampir sekampung (kayanya), disitu tuh letak keindahan dari film india itu sendiri. coba deh bayangkan, ketika aktor hollywood hanya dituntut untuk bisa berakting saja, aktor bollywood punya beban yang lebih berat, yaitu harus pandai berakting (of course) dan menari, bahkan harus berakting sambil menari. dan menurut saya mereka berhasil melakukannya dengan baik. Memang sih ga semuanya film India itu bikin saya terkesan. Rata-rata yang bagus yang saya tau yaaa yang diperanin ama the 3 Khans doang (Shahruk Khan, Aamir Khan & Salman Khan) ada juga film india yang emang terlalu bodoh dan ga masuk akal. Bahkan film2nya the 3 Khans tadi pun ga semuanya bagus loh, ada juga yg dianggap sebuah film gagal.



 Namun seiring berjalannya waktu, semakin lama film2 India semakin jarang mampir dilayar kaca. Indosiar dan TPI pun (pada masa itu) sudah semakin jarang menayangkannya. Diganti oleh film yang berasal dari belahan Asia lainnya seperti Film Cina, Taiwan, dan Korea. Dan tanpa disadari keakraban saya dengan bollywood pun semakin pudarrr (assseek). Karena mungkin sudah jarang liat, atau bahkan tidak sama sekali bertahun - tahun lamanya (kita-kira dari mulai kelas 4/5 SD) saya pun menjadi tidak begitu intens teradap film-film India serta lagu-lagu nya. bahkan mulai beranggapan seperti orang lain bahwa film India itu norak, lebay dan ga gahoool. Dan saya menganggapkeakraban saya dengan film india dulu itu adalah bagian dari masa lalu saya (ehehe). Apalagi banyak aktor2 baru bermunculan di jagat hiburan bollywood, semakin ga tertarik lah saya terhadapnya. Karena saya fikir, film india yang seru itu ya sekitar Kuch Kich Hota Hai, Mann dan sejenisnya yang sering saya liat dahulu kala. Sisanya? GA BEUDDH. Maka karena pada saat itu saya mulai memasuki usia ABG hehehe (sekarang juga masih ko) saya muali mencari hobi lain. saya terbawa arus drama korea yang sering tayang di Indosiar pada saat itu seperti Full house, Princess Hours, trus film yang ada si jang geum (lupa judul) dan lainnya. saya sempat menjadi Rainism waktu itu karena terpukau oleh performancenya Rain di Full House. Lalu sekitar tahun 2008 saya dipertemukan dengan sebuah band 3 bersaudara yaitu The Jonas Brothers melalui film perdana mereka produksi Disney yaitu Camp Rock. Saya langsung disulap menjadi penggemar fanatik mereka (sangat fanatik malah. sampai sekarang). Saya ikuti segala berita tentang mereka. Film mereka, Serial TV, lagu, album, gosip, bahkan video2 mereka yang ga penting di youtub pun saya koleksi. Sudah pasti majalah dan Merchandise nya mah.


hampir setiap pulang sekolah saya habiskan berjam-jam di warnet hanya untuk mencari hal-hal yang berbau JONAS (dulu ga punya modeeem~) sampai saya rela tidak jajan asal bisa pergi ke warnet. maka begitu orangtua saya memutuskan untuk membangun warnet itu adalah "pucuk dicinta ulam tiba" bagi saya. Dari sana lah hobi mendownload film saya lahir. dikarenakan koneksi internetnya sangat ajiib, setiap kebagian jaga saya pasti donlot film, terutama film2 disney stars. Hasil donlotan saya itu, saya jual ke temen2 SMA dalam bentuk CD hahah (pengakuan dosa) dan sekarang saya sudah insyaf ko. Karena sekarang ga laku, orang2 memilih donlot sndiri daripada beli dari Mamal :(



NAAAAH sekarang, bagaimana bisa saya bertransformasi dari hollywood lover menjadi Bollywood maniak kembali?????
kita akan menemukan jawabannya setelah yang satu inii......

iklaaaan
iklaaaan
syalalalaaaa~

Okeh, kembali lagi bersama saya Mamal. Ampe dimana tadi? oh yang jd bangkrut sebagai penjual film ya? okeh. Nah, setelah bangkit dari kebangkrutan itu saya harus tetap bertahan hidup. Walau ga mudah saya coba lalui dengan menonton semua hasil donlotan, bahkan ngerental dvd segala. Ya. Mamal emang suka nonton. Setiap pulang sekolah atau diwaktu senggang saya isi dengan menonton baik film donlotan atu sewaan, kecuali film india. Saya cari rekomendasi2 dan review2 orang lain tentang film yang bagus. Hingga pada suatu hari, tepatnya di hari minggu yang cerah saya dengan tidak sengaja memasuki blog seseorang (zaninsurgent.blogspot.com) yang secara mendalam mereview tentang film India terbaru (pada saat itu) bejudul 3 Idiots. Di dalam blog itu secara antusias sang penulis meriview betapa bagusnya film itu. Judulnya artikelnya 3 Idiots...Ternyata Bukan Film India Yang Biasa . Kata2 si penulis berhasil membuat saya penasaran tentang film itu dan pengen banget nonton. Sebelum melihat review itu sebenarnya saya sudah sering melihat posternya, baik di dunia maya maupun nyata. tapi tak sedikit pun saya tertarik. melihat judulnya saja saya ragu, "ini film pasti cuman film komedi konyol doang seperti film komedi india biasanya". Walau pun pemeran utama nya adalah Aamir Khan. Aktor yang sewaktu kecil saya idolakan, tapi yaaa karena saya sudah menjadi seperti yang diatas tetep saja saya males nonton. Kemudian saya mendonlot tu film 3 idiots nya lalu menontonnya. dan WOOOW. memang luar biasa.10 menit pertamannya saja sudah menghipnotis saya. Setiap dialog cerdasnya saya amati dan nikmati dengan baik. Perasaan campuraduk selama saya menonton film itu manggoreskan rasa kagum yang luarbiasa dalam terhadap semua kru yang berugas di film itu terutama sutradaranya yaitu Raj Kumar Hirani. dan selepan menonton sambil nangis saya berteriak : 3 IDIOTS KEREEEEEEENNN BEEEUUUTTZZ. ehehe ehehe.

Tumbuhlah kembali keakraban saya dengan film2 india. Ditambah kehadiran briptu Norman yang kembali membangkitkan gelora bollywood di Indonesia, sehingga film india kembali ramai menghiasi layar kaca Indonesia. Film-film baru dari aktor-aktor baru yang tadinya saya pandang sebelah mata kini saya donlot. Apalagi film-film baru dari the 3 Khans tadi. tak boleh ada yang terlewat. Kini warnet orang tua saya break dulu, dan dengan modem yang berkecepatan tak secepat speedy saya berjuang untuk mendonlot segala film, holiwut, korea, jepang, thailand, dan tentunya boliwut saya donlot semua. Minimal 1 film sehari hiiihiihiii.Terima kasih banyak kepada Nurcellmovies, Ganool, tinymoviez, dan blog2 lainya yang menyediakan film2 free donlot. love you (?)

Kini temans saya memanggil kosan saya sebagai bioskop mini, karena terdapat berbagai jenis film didalamnya baik hasil donlotan, beli, maupun minta. hehehe YEEEAAAH I LOOVE WATCHING and BOLLYWOOD STUFF!!!


Image Resources
image Resources
Image Resource





10 komentar:

  1. aku juga pernah mengalami transisi kaya gitu, ,pernah suka bollywood juga dulu waktu SD, terus ganti Hollywood pas SMP , dan Korea pas SMA, tapi yang tersisa sekarang Hollywood sama Korea, kalo bollywood belum nemu film yang sreg lagi :D
    Nice post dear :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, jd, 3 idiots nya pernah nonton?
      tengkyuuuu beb, you're such a great girl. really.

      Hapus
  2. hahahaha..
    kalo aku sih gak liat keren atau ngganya menontotn suatu film atau denger suatu jenis musik. yang penting aku enjoy nonton dan menikmati film itu. karena yang paling penting tentang kenyamanan kita.
    mulia dari 3 idiot, HSM sampe city hunter aku tonton semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wahhh berarti kamu emang cewe kece Geb hahaha (?)
      love you for being my Pal, and please keep loving me too :D

      Hapus
  3. jiwa bollywood dalam diri mamal emang sudah mendarah daging...
    sudahlah mal, biarkan bollywood menjadi bagian dalam dirimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. EMM... dan mulai sekarang kayanya makal terus tertanam dalam jiwa dan raga Mamal deh mba Mar. Ga aka sempet lepas kaya di artikel di atas, itu kan mamalnya lg ada di adolescence jd masi galau mencari jati diri (?) #apadeh

      Hapus
  4. Waktu mama ngandung aku..mama demen bget nonton pelm India...Sampe2 anaknya lahir mirip org india..:)..susternya bilang aku kaya org india..poto2 masih balita emang mndukung hal itu
    #bener loh mama yg cerita..:D

    WAKTU Kecil, mama, ayah dan aku sellau nonton pelm india bareng..jadi suka deh sama pelm india..ditambah pelm 3 idiots yang benar2 kaya persahabatan aku di SMA..dan pelm india itu telah berkembang pesat loh :)g kalah ama hollywood


    That's why i still love bollywood movie with mamal :DD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah, aku pengen liat foto bayinya Ayyash...

      kita emang dr kecil makanan nya udah Indiaan ya Yas.. gini deh jadinya. Kalo Mamal kan pernah tu sempet hengkang tu dr boliwut betaun taun... kamu pernah ga kaya mamal gitu??

      Hapus
  5. Balasan
    1. waaah berarti lebih dari jujur dong kalo ngebas gitu mah hahaha

      ini bilang amazing dibaca beneuran gaaa -______-

      Hapus